RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK
NEGERI 1 SAWAHLUNTO
Kelas : XI
Semester : 1
Mata Pelajaran : Mengoperasikan
Aplikasi Perangkat Lunak
Jumlah
Pertemuan : 1 x tatap muka (3 X 45 menit)
Pertemuan ke :
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mengoperasikan
aplikasi perangkat lunak
|
Mendeskripsikan
aplikasi perangkat lunak
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tujuan Pembelajaran
|
Aplikasi Perangkat
lunak dijelaskan berdasarkan pengertian
|
Siswa mampu
menjelaskan pengertian perangkat lunak.
|
Siswa mampu
menjelaskan kegunaan perangkat lunak
|
|
Aplikasi Perangkat
lunak diidentifikasi berdasarkan penggunaannya.
|
Siswa mampu mengidentifikasi
perangkat lunak berdasarkan tampilan menu Microsoft office.
|
Siswa mampu
mengidentifikasi perangkat lunak berdasarkan penggunaannya.
|
|
|
PBKB yang diharapkan
Religius, disiplin, kerja keras, tanggung jawab, mandiri rasa ingin tahu.
|
B.
Materi Pembelajaran
1.
Fakta
Personal Computer,
data
2.
Konsep
Aplikasi perangkat lunak ,
menu, lembar kerja
3.
Prinsip
Dengan mengetahui pengertian dan manfaat perangkat lunak dan menu
tampilan Microsoft office, maka data dan
informasi dapat diolah sesuai dengan kegunaannya.
4.
Prosedur
Komunikator melakukan pengolahan
data, untuk dijadikan informasi yang akan disampaikan pada komunikan secara
langsung atau melalui media computer dengan program Microsoft Word dan Excel.
C.
Alokasi Waktu
Beban
belajar
|
Waktu
|
Bentuk
kegiatan / tugas
|
TM
|
45’
|
Menjelaskan pengertian
dan kegunaan perangkat lunak
Menjelaskan
penggunaan perangkat lunak berdasarkan menu tampilan Microsoft office.
|
PT
|
90’
|
Mengidentifikasi
penggunaan perangkat lunak berdasarkan
menu tampilan Microsoft office.
|
KMTT
|
|
|
D.
Metode Pembelajaran
Metode :
Ceramah, tanya jawab, Penugasan/Praktek
Strategi : Pembelajaran langsung (explicit
instruction)
E.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Peralatan
Pendukung
|
Ket.
|
1. Pendahuluan
·
Guru mengkondisikan kelas dalam
keadaan bersih dan nyaman
·
Berdoa
·
Absensi
·
Apersepsi, guru melakukan tanya jawab mengenai materi yang akan dipelajari dan mengaitkan dengan pelajaran lain.
PBKB yang
diharapkan : religious, disiplin, bertanggung jawab
2.
Kegiatan inti
a. Eksplorasi
v
Melalui observasi langsung siswa memperoleh pengertian,
manfaat dan tujuan aplikasi perangkat lunak didalam kaitannya dengan
pekerjaan seorang petugas administrasi/sekretaris.
v
Siswa mempelajari materi dengan
observasi langsung pada menu program Microsoft word 2007
PBKB
yang diharapkan gemar membaca, rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri.
b. Elaborasi
v Guru
menjelaskan materi tentang pengertian, manfaat dari perangkat lunak
v Guru
menjelaskan cara mengidentifikasi perangkat lunak berdasarkan penggunaannya
melalui menu tampilan PC.
PBKB yang diharapkan rasa ingin tahu, kerja keras,
disiplin, mandiri, bertanggung jawab
c. Konfirmasi
Guru mengkonfirmasikan langkah-langkah mengoperasikan aplikasi perangkat lunak Ms Word dengan media laptop dan infocus, guru menuntun siswa melakukan
refleksi.
PBKB
yang diharapkan kerja keras, disiplin, mandiri, bertanggung jawab, jujur
PBKB yang
diharapkan kerja keras, disiplin, mandiri, bertanggung jawab, jujur
3.
Kegiatan penutup
Guru membimbing siswa menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
Guru memberikan
tugas di rumah
Menginformasikan materi selanjutnya
|
15’
105’
15’
|
LCD, Notebook
komputer
|
|
F.
Penilaian
1.
Bentuk tes : Tertulis
2.
Soal tertulis :
a.
Jelaskan pengertian perangkat lunak
b.
Berdasarkan menu
aplikasi Microsoft office 2007, perangkat lunak apa saja yang umum diperlukan
oleh seorang sekretaris
c.
Jelaskan group-group
yang terdapat pada tab home dan page lay out
Kunci jawaban
1.
Perangkat lunak yang dimaksud
dalam pembelajarn ini Adalah program-program (shoft ware) yang digunakan dalam
proses pengolahan data atau informasi pada computer,note book atau laptop
sesuai dengan kebutuhan.
2.
Perangkat lunak yang
umum diperlukan oleh seorang sekretaris
a.
Microsoft Office Excel
b.
Microsoft Office Word
c.
Microsoft Office Power Point
d.
Microsoft Office Access
Microsoft Office Word adalah program yang
dapat digunakan untuk pengolahan kata, ini dapat digunakan untuk
pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan surat menyurat, laporan-laporan dan
lain sebagainya.
Microsoft Office Excel adalah program yang
dapat digunakan untuk pengolahan data-data yang brkaitan dengan table-tabel,
perhitungan, grafik dan lain sebagainya. Pekerjaan ini berkaitan dengan
pekerjaan yang berhubungan dengan blanko-blangko, perhitungan gaji karyawan secara
sederhana maupaun pembuatan grafik.
Microsoft Power Point adalah program yang
digunakan untuk pengolahan data dalam bentuk slide yang berguna untuk
menyajikan materi/presentasi dengan media computer.
Microsoft Accses adalah program yang dapat
digunakan untuk pengolahan perhitungan dan data-data yang lebih rumit,
pekerjaan administrasi yang brkaitan dengan program ini adalah pengolahan data
tentang karyawan.
3.
Group-group yang
terdapat tab home dan page lay out untuk
aplikasi ms word adalah
a.
Tab home :
-
Group clipboard
-
Group font
-
Group paragraph
-
Group styles
-
Group editing
b.
Tab page lay out :
-
Themes
-
Page setup
-
Page background
-
Paragraph
-
Arrange
Skor
Penilaian :
soal 1 bobot 20
soal 2
bobot 60
soal 3
bobot 20
100
G.
Sumber Belajar
1.
Referensi
-
Buku Aplikasi
Perangkat Lunak, Presentasi dan Pengelolaan Data oleh Rina Puspita Dewi dkk.
Penerbit Yudhistira
-
Buku microsoft office enterprise 2007 oleh A.
Taufiq Hidayatullah
-
Buku KKPI SMK semua bidang keahlian oleh Harry
D. Fauzi. Penerbit Z, Armico
2.
Media Pembelajaran
-
Slide presentasi
-
Modul
3.
Peralatan dan Bahan
Infocus, komputer, notebook/laptop
Sawahlunto, Juli 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. SUMANTO SUHARTI, S.Pd
NIP. 19640714 199003 1 006 NIP.
197611092003122005
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMK N 1 Sawahlunto
Kelas :
X Administrasi
Semester :
1
Program Keahlian :
Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran : Mengoperasikan aplikasi presentasi
Jumlah Pertemuan :
4 x Pertemuan (4-7)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mengoperasikan Aplikasi Presentasi
|
Mendeskripsikan aplikasi presentasi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan Pembelajaran
|
Mempelajari menu aplikasi presentasi
|
Siswa dengan eksplorasi mempelajari menu
aplikasi presentasi, mengaktifkan, membuat slide, menambah slide, menghapus
slide, menyimpan slide, membuat presentasi dalam berbagai layout.
|
PBKB
|
Siswa mampu bersikap dan berprilaku jujur,
peduli social, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja keras,dan disiplin
|
A. MATERI
AJAR
Fakta :
informasi, Ms. Powerpoint 2007
Konsep :
layout, title slide, title and content, section header, two content,
comparison, title only, blank, content with caption, picture with caption, duplicate selection slides, reuse slides.
Prinsip :
adanya data dan informasi yang akan diolah dalam tampilan slide /berbagai
layout.
Prosedur :
Komunikator melakukan pengolahan data,untuk dijadikan informasi yang akan
disampaikan pada komunikan secara langsung atau melalui media computer dengan program
Microsoft Power Point.
B.
ALOKASI
WAKTU
Beban
Belajar
|
Waktu
|
Bentuk
Kegiatan/tugas
|
Tatap Muka
|
540 menit
|
Tanya jawab
|
Penugasan
terstruktur
|
270menit
|
Mengerjakan
latihan
|
KMTT
|
270menit
|
Membaca
materi pembelajaran dari berbagai sumber
|
C.
METODE
PEMBELAJARAN
Metode :
Ceramah bervariasi, diskusi, Tanya jawab, penugasan
Strategi :
Pembelajaran langsung (Explicit Intruction),Studi Pustaka
D.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 4: MEMBUAT
SLIDE PRESENTASI DENGAN BERBAGAI LAYOUT (Title Slide, Title and Content)
Strategi : EXPLICIT INSTRUCTION
Kegiatan
|
Waktu
|
Peralatan
Pendukung
|
Ket
|
1.
Pendahuluan
Ø Guru mengkondisikan kelas dalam keadaan bersih dan
nyaman
Ø Berdoa
Ø Absensi
·
Apersepsi (menanyakan
pada siswa tentang tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya yaitu menu
yang ada pada aplikasi presentasi.mengkaitkan pertanyaan dengan tujuan
pembelajaran)
PBKB yang diharapkan
siswa adalah religious,disiplin dan bertanggung jawab
2.
Kegiatan inti
a.
Eksplorasi
·
Melalui Tanya jawab siswa dapat menemukan
konsep layout slide.
PBKB yang diharapkan
rasa ingin tahu,gemar membaca, tanggung jawab.
b.
Elaborasi
·
Melalui observasi langsung pada computer siswa
menemukan perbedaan dari 9 layout slide.
·
Siswa menemukan kegunaan slide dengan layout
title slide dan title and content.
·
Siswa menemukan langkah-langkah untuk membuat slide dengan layout title
slide dan title and content.
·
Siswa mengerjakan latihan pengetikan untuk
tiap jenis slide.
·
Guru melengkapi informasi yang belum diperoleh
siswa/yang belum dipahami.
PBKB yang
diharapkan kreatif dan kerja keras
c.
Konfirmasi
·
Guru mengkonfirmasikan temuan siswa
·
Siswa melaporkan hasil observasi dalam catatan
·
guru menuntun pikiran siswa melakukan
refleksi.
PBKB
yang diharapkan kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,bertanggung jawab.
3.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama dengan siswa membuat rangkuman
/kesimpulan pelajaran
·
Guru menugaskan siswa untuk mencari informasi
tentang layout slide section header dan two content.
PBKB yang diharapkan disiplin, kerja keras, kreatif
mandiri, rasa ingin tahu dan gemar membaca dan bertanggung jawab.
|
15’
105’
15’
|
LCD,
LAPTOP,
KOMPUTER
|
|
PERTEMUAN 5
: pengetikan slide dengan layout Section Header dan Two Content
Strategi :
Explicit intruction
Kegiatan
|
Waktu
|
Peralatan
Pendukung
|
Ket
|
1.
Pendahuluan
Ø Guru mengkondisikan kelas dalam keadaan bersih dan
nyaman
Ø Berdoa
Ø Absensi
·
Apersepsi (menanyakan
pada siswa tentang tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya yaitu slide
dengan layout section header dan two content dan mengaitkannya dengan tujuan pembelajaran)
PBKB yang diharapkan
siswa adalah religious,disiplin dan bertanggung jawab
2.
Kegiatan inti
a.
Eksplorasi
·
Melalui Tanya jawab siswa dapat menemukan
konsep layout slide section header dan two content.
PBKB yang diharapkan
rasa ingin tahu,gemar membaca, tanggung jawab.
b.
Elaborasi
·
Melalui observasi langsung pada computer siswa
menemukan perbedaan dari layout slide
Section header dengan Two content.
·
Siswa menemukan kegunaan slide dengan layout Section
header dengan Two content.
·
Siswa menemukan langkah-langkah untuk membuat slide dengan layout Section
header dengan Two content
·
Siswa mengerjakan latihan untuk tiap layout
slide.
·
Guru melengkapi informasi yang belum diperoleh
siswa/yang belum dipahami.
PBKB yang
diharapkan kreatif dan kerja keras
c.
Konfirmasi
·
Guru mengkonfirmasikan temuan siswa
·
Siswa melaporkan hasil observasi dalam catatan
·
guru menuntun pikiran siswa melakukan
refleksi.
PBKB
yang diharapkan kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,bertanggung jawab.
d.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama dengan siswa membuat rangkuman
/kesimpulan pelajaran
·
Guru menugaskan siswa untuk mencari informasi
tentang layout slide Comparison, Title Only dan Blank.
PBKB yang diharapkan disiplin, kerja keras, kreatif
mandiri, rasa ingin tahu dan gemar membaca dan bertanggung jawab.
|
15’
105’
15’
|
LCD,
LAPTOP,
KOMPUTER
|
|
Pertemuan
6: Pengetikan Slide dengan layout Slide
Comparison, Title Only dan Blank
Strategi
: Explicit intruction
Kegiatan
|
Waktu
|
Peralatan
Pendukung
|
Ket
|
1.
Pendahuluan
Ø Guru mengkondisikan kelas dalam keadaan bersih dan
nyaman
Ø Berdoa
Ø Absensi
·
Apersepsi (menanyakan
pada siswa tentang tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya yaitu slide
dengan layout Slide Comparison, Title Only dan Blank dan mengaitkannya
dengan tujuan pembelajaran)
PBKB yang diharapkan
siswa adalah religious,disiplin dan bertanggung jawab
2.
Kegiatan inti
a.
Eksplorasi
Melalui Tanya jawab siswa dapat menemukan konsep
layout slide Slide Comparison, Title Only dan Blank
PBKB yang diharapkan
rasa ingin tahu,gemar membaca, tanggung jawab.
b.
Elaborasi
·
Melalui observasi langsung pada computer siswa
menemukan perbedaan dari layout slide
Slide Comparison, Title Only dan Blank.
·
Siswa menemukan kegunaan slide dengan layout
Slide Comparison, Title Only dan Blank.
·
Siswa menemukan langkah-langkah untuk membuat slide dengan layout Slide
Comparison, Title Only dan Blank
·
Siswa mengerjakn latihan untuk tiap jenis
layout.
·
Guru melengkapi informasi yang belum diperoleh
siswa/yang belum dipahami.
PBKB yang
diharapkan kreatif dan kerja keras
c.
Konfirmasi
·
Guru mengkonfirmasikan temuan siswa
·
Siswa melaporkan hasil observasi dalam catatan
·
guru menuntun pikiran siswa melakukan
refleksi.
PBKB
yang diharapkan kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,bertanggung jawab.
3.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama dengan siswa membuat rangkuman
/kesimpulan pelajaran
·
Guru menugaskan siswa untuk mencari informasi
tentang layout slide Content with Caption dan Picture with Caption, Duplicate
Selection slides, Reuse Slides.
PBKB yang diharapkan disiplin, kerja keras, kreatif
mandiri, rasa ingin tahu dan gemar membaca dan bertanggung jawab.
|
15’
105’
15’
|
LCD,
LAPTOP,
KOMPUTER
|
|
Pertemuan 7: Pengetikan Slide dengan layout Content
With Caption, Picture With Caption, Duplicate Selection dan Reuse Slides.
Strategi :
Explicit intruction
Kegiatan
|
Waktu
|
Peralatan
Pendukung
|
Ket
|
1.
Pendahuluan
Ø Guru mengkondisikan kelas dalam keadaan bersih dan
nyaman
Ø Berdoa
Ø Absensi
Apersepsi (menanyakan
pada siswa tentang tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya yaitu slide
dengan layout Content With Caption, Picture With Caption, Duplicate Selection
dan Reuse Slides. dan mengaitkannya dengan
tujuan pembelajaran)
PBKB yang diharapkan
siswa adalah religious,disiplin dan bertanggung jawab
2.
Kegiatan inti
a.
Eksplorasi
Melalui Tanya jawab siswa dapat menemukan konsep
layout slide Content With Caption, Picture With Caption, Duplicate Selection
dan Reuse Slides.
PBKB yang diharapkan
rasa ingin tahu,gemar membaca, tanggung jawab.
d.
Elaborasi
·
Melalui observasi langsung pada computer siswa
menemukan perbedaan dari layout
Content With Caption, Picture With Caption, Duplicate Selection dan Reuse
Slides.
·
Siswa menemukan kegunaan slide dengan layout
Content With Caption, Picture With Caption, Duplicate Selection dan Reuse
Slides.
·
Siswa menemukan langkah-langkah untuk membuat slide dengan layout Slide
Content With Caption, Picture With Caption, Duplicate Selection dan Reuse
Slides.
·
Siswa mengerjakan latihan pengetikan slide
dengan layout tersebut.
·
Guru melengkapi informasi yang belum diperoleh
siswa/yang belum dipahami.
PBKB yang
diharapkan kreatif dan kerja keras
e.
Konfirmasi
·
Guru mengkonfirmasikan temuan siswa
·
Siswa melaporkan hasil observasi dalam catatan
·
guru menuntun pikiran siswa melakukan
refleksi.
PBKB
yang diharapkan kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,bertanggung jawab.
b.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama dengan siswa membuat rangkuman
/kesimpulan pelajaran
PBKB yang diharapkan disiplin, kerja keras, kreatif
mandiri, rasa ingin tahu dan gemar membaca dan bertanggung jawab.
|
15’
105’
15’
|
LCD,
LAPTOP,
KOMPUTER
|
|
PERTEMUAN 8 : Ulangan Harian 1
E. PERALATAN PENDUKUNG :
Chart, LCD, Notebook
F.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR :
1.
Bentuk Penilaian : ESSEY
2.
Soal:
TEORI :
1.
Tuliskanlah perbedaan dari tiap-tiap jenis layout slide
pada Ms Power point 2007.
KUNCI JAWABAN:
1.
Title Slide yaitu tema slide dengan judul dan
sub judul
2.
Title and Content yaitu tema slide yang terdiri
dari judul dan isi
3.
Section header
yaitu tema slide yang berupa judul atas saja pada slide
4.
Two Content yaitu tema slide dengan 2 isi pada
sebuah slide
5.
Comparison yaitu tema slide dengan menggunakan
pembanding pada isi
6.
Title only yaitu tema slide yang hanya berisi
judul saja
7.
Blank yaitu tema slide kosong di mana user bebas
melakukan modifikasi pada slide
8.
Content with Caption yaitu slide dengan dan
judul dan pilihannya
9.
Picture with caption yaitu tema slide dengan
tampilan gambar dan pilihannya
10.
Duplicate selection slides yaitu membuat slide
dengan cara manyalin slide sebelumnya
11.
Reuse slides yaitu untuk menambahkan/menyisipkan
slide dari sumber lain yang dilakukan dengan cara memilih reuse slides.
Skor Penilaian : Jumlah butir soal yang dijawab benar x
100%
Jumlah butir soal
Nilai ≤ 75,52 = Belum tuntas
Nilai ≥ 75,52 = Tuntas
G. SUMBER
BELAJAR :
1.
Aplikasi
Perangkat lunak, presentasi dan pengelolaan data, Rina Puspita Dewi,dkk,
Yudhistira,Bandung,Juli 2010,
2.
Komputer dengan
program Microsoft Power point 2007
Sawahlunto,
Juli 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru mata Pelajaran
Drs. SUMANTO SUHARTI,S.Pd 196407141990031006 NIP.197611092003122005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar