Jumat, 17 Januari 2014

RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.        IDENTITAS MATA PELAJARAN

Nama Sekolah                          : SMK NEGERI 1 SAWAHLUNTO
Kelas                                            : XI
Semester                                   : 1
Mata Pelajaran                       : Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak
Jumlah Pertemuan                                : 1 x tatap muka (3 X 45 menit)
Pertemuan ke                          : 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
Mendeskripsikan aplikasi perangkat lunak


Indikator Pencapaian Kompetensi
Tujuan Pembelajaran
Aplikasi Perangkat lunak dijelaskan berdasarkan pengertian
Siswa mampu menjelaskan pengertian perangkat lunak.

Siswa mampu menjelaskan kegunaan perangkat lunak
Aplikasi Perangkat lunak diidentifikasi berdasarkan penggunaannya.
Siswa mampu mengidentifikasi perangkat lunak berdasarkan tampilan menu Microsoft office.
Siswa mampu mengidentifikasi perangkat lunak berdasarkan penggunaannya.

PBKB yang diharapkan Religius, disiplin, kerja keras, tanggung jawab, mandiri rasa ingin tahu.

B.    Materi Pembelajaran
1.         Fakta
Personal Computer, data
2.         Konsep
Aplikasi perangkat lunak , menu,  lembar kerja
3.         Prinsip
Dengan mengetahui pengertian dan manfaat perangkat lunak dan menu tampilan Microsoft office, maka  data dan informasi dapat diolah sesuai dengan kegunaannya.
4.         Prosedur
Komunikator melakukan pengolahan data, untuk dijadikan informasi yang akan disampaikan pada komunikan secara langsung atau melalui media computer dengan program Microsoft Word dan Excel.

C.    Alokasi Waktu

Beban belajar
Waktu
Bentuk kegiatan / tugas
TM
 45’

Menjelaskan pengertian dan kegunaan perangkat lunak
Menjelaskan penggunaan perangkat lunak berdasarkan menu tampilan Microsoft office.
PT
90’
Mengidentifikasi penggunaan perangkat lunak  berdasarkan menu tampilan Microsoft office.
KMTT




D.   Metode Pembelajaran
Metode         : Ceramah, tanya jawab, Penugasan/Praktek
Strategi          : Pembelajaran langsung (explicit instruction)

E.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Waktu
Peralatan Pendukung
Ket.
1.    Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas dalam keadaan bersih dan nyaman
·         Berdoa
·         Absensi
·         Apersepsi, guru  melakukan tanya jawab mengenai materi yang akan  dipelajari dan mengaitkan dengan pelajaran lain.
PBKB yang diharapkan : religious, disiplin, bertanggung jawab

2.    Kegiatan inti
a.       Eksplorasi
v  Melalui observasi langsung siswa memperoleh pengertian, manfaat dan tujuan aplikasi perangkat lunak didalam kaitannya dengan pekerjaan seorang petugas administrasi/sekretaris.
v  Siswa mempelajari materi dengan observasi langsung pada menu program Microsoft word 2007
PBKB yang diharapkan gemar membaca, rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri.
b.      Elaborasi
v  Guru menjelaskan materi tentang pengertian, manfaat dari perangkat lunak
v  Guru menjelaskan cara mengidentifikasi perangkat lunak berdasarkan penggunaannya melalui menu tampilan PC.
PBKB yang diharapkan rasa ingin tahu, kerja keras, disiplin, mandiri, bertanggung jawab
c.       Konfirmasi
Guru mengkonfirmasikan langkah-langkah mengoperasikan     aplikasi perangkat lunak  Ms Word dengan media laptop dan  infocus, guru menuntun siswa melakukan refleksi.
PBKB yang diharapkan kerja keras, disiplin, mandiri, bertanggung jawab, jujur
PBKB yang diharapkan kerja keras, disiplin, mandiri,   bertanggung jawab, jujur

3.     Kegiatan penutup
*        Guru membimbing siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
*        Guru memberikan tugas di rumah
*        Menginformasikan materi selanjutnya
15








105’
























15










LCD, Notebook
komputer


F.         Penilaian
1.    Bentuk tes                             : Tertulis
2.    Soal tertulis            :
a.       Jelaskan pengertian perangkat lunak                                                             
b.      Berdasarkan menu aplikasi Microsoft office 2007, perangkat lunak apa saja yang umum diperlukan oleh seorang sekretaris
c.       Jelaskan group-group yang terdapat pada tab home dan page lay out



Kunci jawaban

1.         Perangkat lunak yang dimaksud dalam pembelajarn ini Adalah program-program (shoft ware) yang digunakan dalam proses pengolahan data atau informasi pada computer,note book atau laptop sesuai dengan kebutuhan.

2.         Perangkat lunak yang umum diperlukan oleh seorang sekretaris
a.          Microsoft Office Excel
b.         Microsoft Office Word
c.          Microsoft Office Power Point
d.         Microsoft Office Access

Microsoft Office Word adalah program yang dapat digunakan untuk pengolahan kata, ini dapat digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan surat menyurat, laporan-laporan dan lain sebagainya.
Microsoft Office Excel adalah program yang dapat digunakan untuk pengolahan data-data yang brkaitan dengan table-tabel, perhitungan, grafik dan lain sebagainya. Pekerjaan ini berkaitan dengan pekerjaan yang berhubungan dengan blanko-blangko, perhitungan gaji karyawan secara sederhana maupaun pembuatan grafik.
Microsoft Power Point adalah program yang digunakan untuk pengolahan data dalam bentuk slide yang berguna untuk menyajikan materi/presentasi dengan media computer.
Microsoft Accses adalah program yang dapat digunakan untuk pengolahan perhitungan dan data-data yang lebih rumit, pekerjaan administrasi yang brkaitan dengan program ini adalah pengolahan data tentang karyawan.

3.         Group-group yang terdapat  tab home dan page lay out untuk aplikasi ms word adalah
a.          Tab home :
-       Group clipboard
-       Group font
-       Group paragraph
-       Group styles
-       Group editing
b.         Tab page lay out :
-       Themes
-       Page setup
-       Page background
-       Paragraph
-       Arrange


Skor Penilaian :
soal  1 bobot  20
soal  2 bobot  60
soal  3 bobot  20
                        100

G.       Sumber Belajar

1.         Referensi
-       Buku Aplikasi Perangkat Lunak, Presentasi dan Pengelolaan Data oleh Rina Puspita Dewi dkk. Penerbit Yudhistira
-       Buku microsoft office enterprise 2007 oleh A. Taufiq Hidayatullah
-       Buku KKPI SMK semua bidang keahlian oleh Harry D. Fauzi. Penerbit Z, Armico
2.         Media Pembelajaran
-       Slide presentasi
-       Modul


3.         Peralatan dan Bahan
Infocus, komputer, notebook/laptop


Sawahlunto,   Juli 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Mata Pelajaran




Drs. SUMANTO                                                                                               SUHARTI, S.Pd
NIP. 19640714 199003 1 006                                                                                                             NIP. 197611092003122005






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                                          : SMK N 1 Sawahlunto
Kelas                                                                     : X Administrasi
Semester                                                            : 1
Program Keahlian                                            : Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran                                                 :  Mengoperasikan aplikasi presentasi
Jumlah Pertemuan                                          : 4 x Pertemuan (4-7)


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mengoperasikan Aplikasi Presentasi
Mendeskripsikan aplikasi presentasi

Indikator Pencapaian Kompetensi
Tujuan Pembelajaran
Mempelajari menu aplikasi presentasi
Siswa dengan eksplorasi mempelajari menu aplikasi presentasi, mengaktifkan, membuat slide, menambah slide, menghapus slide, menyimpan slide, membuat presentasi dalam berbagai layout.
PBKB
Siswa mampu bersikap dan berprilaku jujur, peduli social, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja keras,dan disiplin

A.      MATERI  AJAR

Fakta                                                     : informasi, Ms. Powerpoint 2007
Konsep                                                 : layout, title slide, title and content, section header, two content, comparison, title only, blank, content with caption, picture with caption,  duplicate selection slides, reuse slides.
 Prinsip                                                 : adanya data dan informasi yang akan diolah dalam tampilan slide /berbagai layout.
Prosedur                                             : Komunikator melakukan pengolahan data,untuk dijadikan informasi yang akan disampaikan pada komunikan secara langsung atau melalui media computer dengan program Microsoft Power Point.

B.      ALOKASI WAKTU

Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan/tugas
Tatap Muka
540 menit
Tanya jawab
Penugasan terstruktur
270menit
Mengerjakan latihan
KMTT
270menit
Membaca materi pembelajaran dari berbagai sumber

C.      METODE PEMBELAJARAN
Metode                                               : Ceramah bervariasi, diskusi, Tanya jawab, penugasan
Strategi                                                : Pembelajaran langsung (Explicit Intruction),Studi Pustaka




D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 4:  MEMBUAT  SLIDE PRESENTASI DENGAN BERBAGAI LAYOUT (Title Slide, Title and Content)
Strategi : EXPLICIT  INSTRUCTION

Kegiatan
Waktu
Peralatan Pendukung
Ket
1.      Pendahuluan
Ø Guru mengkondisikan kelas dalam keadaan bersih dan nyaman
Ø Berdoa
Ø Absensi
·         Apersepsi (menanyakan pada siswa tentang tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya yaitu menu yang ada pada aplikasi presentasi.mengkaitkan pertanyaan dengan tujuan pembelajaran)

PBKB yang diharapkan siswa adalah religious,disiplin dan bertanggung jawab

2.      Kegiatan inti
a.      Eksplorasi
·         Melalui Tanya jawab siswa dapat menemukan konsep layout slide.

PBKB yang diharapkan rasa ingin tahu,gemar membaca, tanggung jawab.

b.      Elaborasi
·         Melalui observasi langsung pada computer siswa menemukan perbedaan dari 9 layout slide.
·         Siswa menemukan kegunaan slide dengan layout title slide dan title and content.
·         Siswa menemukan langkah-langkah  untuk membuat slide dengan layout title slide dan title and content.
·         Siswa mengerjakan latihan pengetikan untuk tiap jenis slide.
·         Guru melengkapi informasi yang belum diperoleh siswa/yang belum dipahami.
PBKB  yang diharapkan kreatif dan kerja keras
c.    Konfirmasi
·         Guru mengkonfirmasikan temuan siswa
·         Siswa melaporkan hasil observasi dalam catatan
·         guru menuntun pikiran siswa melakukan refleksi.
PBKB yang diharapkan kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,bertanggung jawab.

3.      Kegiatan Penutup
·         Guru bersama dengan siswa membuat rangkuman /kesimpulan pelajaran
·         Guru menugaskan siswa untuk mencari informasi tentang layout slide section header dan two content.
PBKB yang diharapkan disiplin, kerja keras, kreatif mandiri, rasa ingin tahu dan gemar membaca dan bertanggung jawab.
15’













105



























15’










LCD,
LAPTOP,
KOMPUTER



PERTEMUAN 5 : pengetikan slide dengan layout Section Header dan Two Content
Strategi : Explicit intruction

Kegiatan
Waktu
Peralatan Pendukung
Ket
1.      Pendahuluan
Ø Guru mengkondisikan kelas dalam keadaan bersih dan nyaman
Ø Berdoa
Ø Absensi
·         Apersepsi (menanyakan pada siswa tentang tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya yaitu slide dengan layout section header dan two content dan mengaitkannya dengan  tujuan pembelajaran)

PBKB yang diharapkan siswa adalah religious,disiplin dan bertanggung jawab

2.      Kegiatan inti
a.      Eksplorasi
·      Melalui Tanya jawab siswa dapat menemukan konsep layout slide section header dan two content.

PBKB yang diharapkan rasa ingin tahu,gemar membaca, tanggung jawab.

b.      Elaborasi
·         Melalui observasi langsung pada computer siswa menemukan perbedaan dari  layout slide Section header dengan Two content.
·         Siswa menemukan kegunaan slide dengan layout Section header dengan Two content.
·         Siswa menemukan langkah-langkah  untuk membuat slide dengan layout Section header dengan Two content
·         Siswa mengerjakan latihan untuk tiap layout slide.
·         Guru melengkapi informasi yang belum diperoleh siswa/yang belum dipahami.
PBKB  yang diharapkan kreatif dan kerja keras
c.    Konfirmasi
·         Guru mengkonfirmasikan temuan siswa
·         Siswa melaporkan hasil observasi dalam catatan
·         guru menuntun pikiran siswa melakukan refleksi.
PBKB yang diharapkan kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,bertanggung jawab.

d.      Kegiatan Penutup
·         Guru bersama dengan siswa membuat rangkuman /kesimpulan pelajaran
·         Guru menugaskan siswa untuk mencari informasi tentang layout slide Comparison, Title Only  dan Blank.
PBKB yang diharapkan disiplin, kerja keras, kreatif mandiri, rasa ingin tahu dan gemar membaca dan bertanggung jawab.
15’













105



























15’










LCD,
LAPTOP,
KOMPUTER


Pertemuan 6:  Pengetikan Slide dengan layout Slide Comparison, Title Only dan Blank
Strategi : Explicit intruction

Kegiatan
Waktu
Peralatan Pendukung
Ket
1.      Pendahuluan
Ø Guru mengkondisikan kelas dalam keadaan bersih dan nyaman
Ø Berdoa
Ø Absensi
·         Apersepsi (menanyakan pada siswa tentang tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya yaitu slide dengan layout Slide Comparison, Title Only dan Blank dan mengaitkannya dengan  tujuan pembelajaran)

PBKB yang diharapkan siswa adalah religious,disiplin dan bertanggung jawab

2.      Kegiatan inti
a.      Eksplorasi
Melalui Tanya jawab siswa dapat menemukan konsep layout slide Slide Comparison, Title Only dan Blank
PBKB yang diharapkan rasa ingin tahu,gemar membaca, tanggung jawab.

b.      Elaborasi
·         Melalui observasi langsung pada computer siswa menemukan perbedaan dari  layout slide Slide Comparison, Title Only dan Blank.
·         Siswa menemukan kegunaan slide dengan layout Slide Comparison, Title Only dan Blank.
·         Siswa menemukan langkah-langkah  untuk membuat slide dengan layout Slide Comparison, Title Only dan Blank
·         Siswa mengerjakn latihan untuk tiap jenis layout.
·         Guru melengkapi informasi yang belum diperoleh siswa/yang belum dipahami.
PBKB  yang diharapkan kreatif dan kerja keras
c.    Konfirmasi
·         Guru mengkonfirmasikan temuan siswa
·         Siswa melaporkan hasil observasi dalam catatan
·         guru menuntun pikiran siswa melakukan refleksi.
PBKB yang diharapkan kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,bertanggung jawab.

3.      Kegiatan Penutup
·         Guru bersama dengan siswa membuat rangkuman /kesimpulan pelajaran
·         Guru menugaskan siswa untuk mencari informasi tentang layout slide Content with Caption dan Picture with Caption, Duplicate Selection slides, Reuse Slides.
PBKB yang diharapkan disiplin, kerja keras, kreatif mandiri, rasa ingin tahu dan gemar membaca dan bertanggung jawab.
15’













105



























15’










LCD,
LAPTOP,
KOMPUTER


Pertemuan 7: Pengetikan Slide dengan layout Content With Caption, Picture With Caption, Duplicate Selection dan Reuse Slides.
Strategi           : Explicit intruction

Kegiatan
Waktu
Peralatan Pendukung
Ket
1.      Pendahuluan
Ø Guru mengkondisikan kelas dalam keadaan bersih dan nyaman
Ø Berdoa
Ø Absensi
Apersepsi (menanyakan pada siswa tentang tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya yaitu slide dengan layout Content With Caption, Picture With Caption, Duplicate Selection dan Reuse Slides. dan mengaitkannya dengan  tujuan pembelajaran)

PBKB yang diharapkan siswa adalah religious,disiplin dan bertanggung jawab

2.      Kegiatan inti
a.      Eksplorasi
Melalui Tanya jawab siswa dapat menemukan konsep layout slide Content With Caption, Picture With Caption, Duplicate Selection dan Reuse Slides.

PBKB yang diharapkan rasa ingin tahu,gemar membaca, tanggung jawab.

d.      Elaborasi
·         Melalui observasi langsung pada computer siswa menemukan perbedaan dari  layout Content With Caption, Picture With Caption, Duplicate Selection dan Reuse Slides.
·         Siswa menemukan kegunaan slide dengan layout Content With Caption, Picture With Caption, Duplicate Selection dan Reuse Slides.
·         Siswa menemukan langkah-langkah  untuk membuat slide dengan layout Slide Content With Caption, Picture With Caption, Duplicate Selection dan Reuse Slides.
·         Siswa mengerjakan latihan pengetikan slide dengan layout tersebut.
·         Guru melengkapi informasi yang belum diperoleh siswa/yang belum dipahami.
PBKB  yang diharapkan kreatif dan kerja keras
e.    Konfirmasi
·         Guru mengkonfirmasikan temuan siswa
·         Siswa melaporkan hasil observasi dalam catatan
·         guru menuntun pikiran siswa melakukan refleksi.
PBKB yang diharapkan kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,bertanggung jawab.

b.      Kegiatan Penutup
·         Guru bersama dengan siswa membuat rangkuman /kesimpulan pelajaran
PBKB yang diharapkan disiplin, kerja keras, kreatif mandiri, rasa ingin tahu dan gemar membaca dan bertanggung jawab.
15’













105
































15’










LCD,
LAPTOP,
KOMPUTER


PERTEMUAN 8 : Ulangan Harian 1

E.       PERALATAN PENDUKUNG  :
Chart, LCD, Notebook

F.       PENILAIAN HASIL BELAJAR :
1.       Bentuk Penilaian : ESSEY
2.       Soal:

TEORI :
1.       Tuliskanlah  perbedaan dari tiap-tiap jenis layout slide pada Ms Power point 2007.

              KUNCI    JAWABAN:
1.       Title Slide yaitu tema slide dengan judul dan sub judul
2.       Title and Content yaitu tema slide yang terdiri dari judul dan isi
3.       Section header  yaitu tema slide yang berupa judul atas saja pada slide
4.       Two Content yaitu tema slide dengan 2 isi pada sebuah slide
5.       Comparison yaitu tema slide dengan menggunakan pembanding pada isi
6.       Title only yaitu tema slide yang hanya berisi judul saja
7.       Blank yaitu tema slide kosong di mana user bebas melakukan modifikasi pada slide
8.       Content with Caption yaitu slide dengan dan judul dan pilihannya
9.       Picture with caption yaitu tema slide dengan tampilan gambar dan pilihannya
10.   Duplicate selection slides yaitu membuat slide dengan cara manyalin slide sebelumnya
11.   Reuse slides yaitu untuk menambahkan/menyisipkan slide dari sumber lain yang dilakukan dengan cara memilih reuse slides.


Skor Penilaian :    Jumlah butir soal yang dijawab benar        x    100%
                                          Jumlah butir soal

Nilai ≤ 75,52   = Belum tuntas
Nilai ≥ 75,52 = Tuntas

G.     SUMBER BELAJAR :

1.      Aplikasi Perangkat lunak, presentasi dan pengelolaan data, Rina Puspita Dewi,dkk, Yudhistira,Bandung,Juli 2010,
2.      Komputer dengan program Microsoft Power point 2007

Sawahlunto, Juli 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                        Guru mata Pelajaran




Drs. SUMANTO                                                                                     SUHARTI,S.Pd 196407141990031006                                                                                             NIP.197611092003122005




Tidak ada komentar:

Posting Komentar